Harian, – Industri kecantikan Indonesia terus berperan penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), besarnya potensi kosmetik nasional dalam beberapa tahun terakhir didorong oleh pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia.
Sepanjang tahun 2018 hingga 2022, produk personal care dan kosmetik secara konsisten berada di tiga besar kategori dengan penjualan terbesar di pasaran dengan mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 13.287,4 triliun dan volume transaksi sebesar 145,44 juta. Dengan tren tersebut, banyak brand kosmetik lokal yang mampu bersaing dan terus menunjukkan inovasi dan daya saing di pasar kecantikan nasional, termasuk True to Skin.
Kulit asli merupakan salah satu brand kulit lokal yang meraih popularitas dengan menawarkan produk unggulan dari bahan-bahan alami yang ada di dalam bumi.
Pemilik True Skin, Riska Elastria, sejak awal berdirinya True to Skin berupaya menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia melalui inovasi berkelanjutan dan formulasi berkualitas.
Beberapa produk unggulan kami antara lain Skinlike Cushion SPF 35 PA++++ yang memiliki coverage medium to high, hasil akhir matte matte dan terasa ringan di kulit, serta Matcha Oat Gentle Cleansing dan Sunscreen gel SPF 50 PA++++ yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan formula nyaman untuk iklim tropis, jelas Riska, dikutip Senin (25/11/2024).
Didirikan pada Desember 2020, True Skin lahir dari pengalaman pribadi Riska terhadap permasalahan kulit yaitu jerawat. Saat itu, Riska sudah mencoba berbagai produk perawatan kulit dan obat-obatan dari dokter, namun seringkali kulitnya masih mengalami iritasi karena tidak mengetahui obat yang tepat untuk kondisi kulitnya.
Dari pengalamannya tersebut, Riska terinspirasi untuk menciptakan produk perawatan kulit berbahan alami yang aman digunakan oleh segala usia. Tersedia dari kalangan muda berusia 14 tahun hingga dewasa, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kulit masing-masing.
“Di Real Skin hanya ada 3 Serum yaitu Bakuchiol, Niacinamide dan Hyaluronic Acid, dimana ketiga serum ini yang utama untuk kulit dan aman digunakan setiap hari, kecuali untuk semua jenis kulit. Real Skin membuat kulit dari bahan-bahan alami sehingga semua orang bisa merasakannya tanpa rasa takut dalam artian tidak ada batasan umur, tapi manfaatnya luar biasa,” jelas Riska.
Strategi Pemasaran Digital yang Efektif Sesuai dengan Kulit
Di tengah ketatnya persaingan industri kecantikan, Verum Pelle terus berinovasi dengan strategi pemasaran yang adaptif dan kreatif. Berjualan di e-commerce, yaitu Shopee, adalah cara yang pasti bagi Real Leather untuk terhubung dengan pelanggannya.
Dengan menggunakan fitur Shopee Live untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, True Skin berhasil memberikan pengalaman yang lebih personal dan interaktif. Pelanggan dapat langsung mengidentifikasi produk, menciptakan hubungan yang lebih erat antara merek dan pelanggan.
Foto: sesuai dengan kulit
|
“Shopee Live berhasil meraih 52% dari total pendapatan skin, yang menunjukkan kekuatan interaksi langsung dengan konsumen,” kata Riska.
Verum Pelle juga membangun komunitas dengan program afiliasi. Dimana konsumen dan penggemar produsen dapat menjadi mitra, mempromosikan produk melalui media sosial dan mendapatkan komisi.
“Dengan langkah ini, kami tidak hanya mencapai ekspansi, tetapi juga menciptakan komunitas pendukung merek yang loyal, memperkuat kesadaran dan kepercayaan konsumen,” tambah Riska.
True to Skin akan menghadirkan Produk Baru Eksklusif di Shopee
Foto: Sesuai dengan kulit
|
Demi memberikan pengalaman baru dan menarik bagi pelanggan, mereka meluncurkan produk eksklusif True to Skin di Shopee yaitu Concealer mulai tanggal 20 November 2024. Pengguna juga dapat menikmati berbagai promosi produk terbaru ini dan kesempatan untuk membeli Skinlike Produk Penutup Concealer. dari True Skin dengan harga Rp 69.000 hanya di Shopee.
“Kami ingin semua masyarakat dapat mencoba inovasi produk terbaru kami dan menemukan shade yang cocok dengan mudah. Oleh karena itu, untuk peluncuran produk terbaru ini, kami bekerja sama dengan Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memberikan promosi yang menarik agar semakin banyak masyarakat yang dapat mencobanya. produk,” tambah Riska.
Riska mengatakan, strategi ini diambil untuk menciptakan lebih banyak hype dan membangun antusiasme di kalangan pengguna. True Skin juga berkomitmen untuk memperluas lini produknya dengan fokus pada bahan alami dan inovasi, mengikuti tren permintaan konsumen terhadap produk berkualitas dengan harga terjangkau.
Dengan menjaga kualitas produk dan strategi pemasaran digital yang efektif, True Skin menjadi bagian terbaik untuk dapat terus mengembangkan dan membawa produk perawatan kulit lokal ke tingkat yang lebih tinggi. Riska juga menyampaikan apresiasinya kepada Shopee yang telah menjadi ruang lokal bagi para pelaku skin untuk mengembangkan bisnisnya.
“Kami berharap industri makeup lokal bisa semakin berkembang dan menjadi kebanggaan Indonesia. Dengan dukungan platform seperti Shopee, dipastikan produk lokal semakin populer tidak hanya di pasar dalam negeri tapi juga di pasar internasional. Kulit akan terus berinovasi untuk menghadirkan kualitas terbaik agar dapat bersaing di industri kecantikan global”, pungkas Riska.
(Raha/raha)
Terimakasih