Ternyata nama Kijang merupakan singkatan dari mobil, yaitu kepanjangannya

toyota-all-new-kijang-innova-zenix-yang-baru-diluncurkan-di-kawasan-kiic-karawang-jawa-barat-senin-21112022-cnbc-indonesiaandr-9_169 Ternyata nama Kijang merupakan singkatan dari mobil, yaitu kepanjangannya




Harian, – Pikiran masyarakat Indonesia langsung terbelah menjadi dua ketika mendengar “kijang”. Ada yang menunjuk pada binatang yang bertanduk menyerupai rusa. Ada juga yang menganggap nama tersebut merupakan merek dagang dari pabrikannya.

Mereka tentu menggiring rusa seperti binatang yang bertanduk mirip rusa. Sampai itu jelek. Nama merek mobil Kijang tidak mengacu pada nama binatang tersebut. Merupakan singkatan dari Bentuk Kerja Sama Indonesia dan Jepang yang kemudian disingkat Kijang.

Pada tahun 1970-an, pasar mobil di Indonesia masih didominasi oleh kendaraan asal Eropa. Orang-orang kaya ingin mengimpor mobil dari Eropa untuk melindungi jalan-jalan di Indonesia. Dengan melakukan hal tersebut, pemerintah ingin mengembangkan industri otomotif dalam negeri.

Sayangnya, keinginan tersebut tentu saja terhambat oleh banyak faktor, termasuk ketersediaan sumber daya manusia. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menggelorakan industri otomotif dalam negeri adalah melalui kerja sama dengan luar negeri.

Selain itu, pada tahun 1974, pemerintah juga melarang penjualan kendaraan secara total. Namun, pemerintah mengizinkan kendaraan dalam bentuk agregat. Hal ini untuk memperbarui industri otomotif dalam negeri.

Ngomong-ngomong, Jepang sudah terjun di industri otomotif Indonesia sejak tahun 1971. Jepang telah menjalin kemitraan dengan PT Astra International di bidang industri mobil. Untuk itu, pendekatan pemerintah dalam menjalin kerja sama dengan luar negeri mendapat sambutan positif dari Negeri Matahari Terbit.

Dengan demikian, kerja sama antara Indonesia dan Jepang pun terjalin. Bentuk yang satu ini bisa dilihat pada mobil Toyota Prius dengan merek Kijang yang merupakan singkatan dari Kerja Sama Indonesia-Jepang. Toyota Kijang pertama kali diluncurkan pada tanggal 9 Juni 1977 di Batavia Fair.

Kehadiran Toyota Kijang di Indonesia tidak serta merta mendapat sambutan positif dari masyarakat. Pasalnya, mobil Jepang belum familiar di Indonesia. Ada yang bilang kualitasnya jauh lebih rendah dibandingkan keluaran Eropa.

Hanya saja Toyota Kijang memberikan pilihan lain kepada masyarakat. James Luhulima dalam bukunya Sejarah Mobil & Sejarah Kehadiran Mobil di Tanah Air Ini (2012) mengatakan, pasca maraknya Kijang, pilihan masyarakat Indonesia terhadap mobil pun semakin meningkat. Bukan lagi sedan, tapi juga mobil dengan penumpang lebih dari 4 orang.

Alhasil, Kijang perlahan terjual hingga 1.000 unit. Sejak saat itu, Toyota Kijang menjadi andalan Astra di Indonesia. Meski begitu, Kijang tetap eksis meski tampilannya sudah berubah lebih modern.

(mfa/mfa)

Lihat di bawah:

Video: Pelatih asal Jepang Sebut Laga Melawan Timnas Indonesia Akan Sulit



Artikel berikutnya

Detik-detik Timnas Indonesia menahan Arab Saudi 1:1 di Kualifikasi Piala Dunia


Terimakasih

Leave a Comment